Memahami Apa itu SEO dan Cara Kerjanya

Memahami Apa itu SEO dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa itu SEO – Ketika Kamu melakukan pencarian menggunakan mesin pencari, maka akan tampil banyak situs yang menyajikan informasi relevan mengenai apa yang Kamu cari. Situs yang ditampilkan di halaman pertama mesin pencari, cenderung menggunakan teknik SEO.

Jika Kamu mengatakan SEO tidak penting, SALAH! Kamu sendiri bisa melihat pentingnya SEO pada Bantuan Search Console, disana mereka mengatakan bahwa “Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi”.

Yang bila dijabarkan, mereka bermaksud untuk memperingati kita untuk berhati – hati dalam melakukan optimasi SEO / menggunakan jasa SEO. Karena jika salah, itu akan berdampak pada reputasi situs Kamu.

Pengertian SEO

SEO merupakan kependekan dari “Search Engine Optimization”, yang merupakan suatu teknik mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat atas pada mesin pencari. Tujuan SEO sendiri adalah untuk menduduki peringkat atas pencarian & mendapatkan visitor organik melalui mesin pencari.

SEO bisa berdampak baik pada situs Kamu, tetapi juga sebaliknya. Optimasi SEO yang berlebihan hanya akan menyebabkan situs Kamu mendapatkan sandbox & mengalamai deindex. Dalam kasus ini, sebut saja melakukan spamming banyak backlink dalam satu hari.

Untuk itu agar tidak salah jalan, ada baiknya Kamu memahami terlebih dahulu mengenai cara kerja mesin pencari.

Cara Kerja Mesin Pencari

Cara Kerja Mesin Pencari

Crawling

Crawling merupakan suatu proses ketika mesin pencari melakukan perayapan terhadap seluruh halaman pada sebuah situs. Perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan crawling ini disebut sebagai crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

Indexing

Setelah melakukan crawling, mesin pencari akan menyimpan data tersebut ke dalam database mereka. Proses ini disebut juga sebagai Indexing, ini adalah saat dimana situs Kamu akan diindeks oleh mesin pencari.

Mengenal Apa itu Backlink dan Manfaatnya untuk SEO

Processing

Ini adalah tahap dimana user akan melakukan request pencarian terhadap mesin pencari, misalnya user tersebut mencari kata kunci “apa itu seo”. Kemudian mesin pencari akan memproses permintaan user tersebut untuk menemukan halaman web yang relevan dengan pencariannya.

Calculating Relevancy

Setelah proses dari user sudah diterima, mesin pencari akan menghitung total halaman web yang didalamnya terdapat kata kunci “apa itu seo”.

Retrieving Result

Tahap terakhir adalah saat mesin pencari menampilkan hasil pencarian dengan kata kunci yang paling relevan. Dan selanjutnya user hanya perlu memilih situs yang memiliki informasi yang ia butuhkan.

Biasanya, mesin pencari akan selalu rutin melakukan pembaruan mengenai algoritmanya. Hal ini dilakukan agar user benar – benar mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan tingkat relevansi yang lebih tinggi.

Cara Kerja SEO

Cara Kerja SEO

Sedikit berbeda dengan yang dikatakan diatas, bahwa user akan mendapatkan informasi yang paling relevan dengan kata kunci. Tetapi itu semua tidak cukup untuk menyaingi situs – situs besar yang sudah memiliki reputasi di mata mesin pencari. Lalu bagaimana dengan cara kerja seo?

SEO On PageĀ 

Sama seperti namanya, SEO On Page merupakan teknik optimasi SEO yang dilakukan di dalam sebuah situs. Untuk mengoptimasi SEO On Page, artinya Kamu perlu memaksimalkan seluruh aspek seperti kualitas konten dan infrastruktur situs. Hal-hal yang mencakup SEO On Page antara lain.

Keyword / Kata Kunci

Untuk melakukan ini cukup mudah, Kamu hanya perlu memanfaatkan LSI (Long Tail Keyword) untuk menjadikannya keyword turunan. Sebagai contoh, apabila user mengetik “apa itu seo” maka situs saya akan memiliki potensi untuk tampil di hasil pencarian, begitu juga saat user mengetik “cara kerja seo”.

Hal ini dikarenakan di dalam keyword yang saya buat dapat mencakup dua kata kunci tadi, hanya saja dibuat menjadi panjang yaitu “Memahami Apa itu SEO dan Cara Kerjanya”. Selain itu, Kamu perlu mempelajari apakah user akan mencari keyword yang Kamu pilih atau tidak. LSI tidak akan bermakna apabila tidak ada user yang mencarinya.

Pentingnya Digital Marketing untuk Menunjang Bisnis Kamu

Dan juga, gunakan keyword yang sekiranya dapat membuat user tertarik mengunjungi situs Kamu. Misalnya “Cara Terbaru Optimasi SEO 2019!”.

Kualitas Konten

Untuk mendapatkan optimasi SEO On Page yang optimal, kualitas konten tentu tidak bisa ditinggalkan. Kamu perlu menyajikan konten berkualitas yang menyajikan apa yang user cari, tidak perlu asalkan tepat!

Penggunaan heading seperti H1 & H2 juga dibutuhkan disini agar konten Kamu terlihat terstruktur dengan rapih, begitu juga dengan bold, italic dan underline untuk menandai hal tertentu.

Jangan lupa untuk menambahkan media seperti gambar & video sebagai pelengkap konten Kamu, tambahkan juga atribut alt image pada gambar tersebut. Alt image ini digunakan agar gambar Kamu lebih cepat terindex oleh mesin pencari.

Permalink

Permalink merupakan struktur url pada sebuah konten, lebih baik Kamu membuatnya menjadi ringkas walaupun tidak mencakup seluruh judul konten Kamu.

Template yang Bagus

Bagus maksud saya disini bukanlah hanya dalam segi desain juga, tetapi harus powerfull. Pastikan template yang Kamu gunakan SEO Friendly, User Friendly & Responsive (Mobile Friendly), bagus lagi jika sudah memiliki AMP.

  • SEO Friendly
  • User Friendly (Mudah digunakan pengguna)
  • Responsive / Mobile Friendly
  • Schema Markup
  • Fast Loading

Dan biasanya, template dengan desain yang neko-neko biasanya cukup berat untuk diakses. Sedangkan, kecepatan akses juga berpengaruh terhadap SEO On Page loh. Tips lain untuk meningkatkan performa situs Kamu adalah dengan mengcompress gambar agar ukurannya menjadi lebih kecil.

Deskripsi Penelusuran

Sebelum artikel Kamu akan dipublish, pastikan Kamu mengisi deskripsi penelusuran dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Selain itu, masukan juga keyword Kamu bidik di dalamnya.

Internal & External Link

Internal link adalah halaman lain yang masih berada dalam situs Kamu, sedangkan external link adalah halaman web yang berasal dari situs lain. Penggunaanya cukup mudah, Kamu hanya perlu memasukan link dengan konten yang relevan dengan pembahasan Kamu.

Mengenal Apa itu Backlink dan Manfaatnya untuk SEO

Inti dalam Optimasi SEO On Page ini adalah membuat google menyukai situs kita.

SEO Off Page

SEO Off Page merupakan kebalikan dari SEO On Page, bisa dikatakan ini adalah cara optimasi yang dilakukan dari luar situs. Namun, Kamu harus berhati-hati dalam memrpaktekannya agar tidak membawa dampak buruk ke situs Kamu.

Backlink Berkualitas

Backlink merupakan sebuah tautan yang mengarah ke situs lain. Tujuan backlink sendiri adalah seperti memberi sinyal kepada mesin pencari, bahwa situs Kamu memiliki konten bermutu dan perlu dirayapi.

Namun, dalam memasang backlink kita harus berhati-hati. Pastikan sumber backlink kamu memiliki DA & PA yang tinggi, dan juga tidak memiliki spam score. Backlink sendiri dibagi menjadi 2, yaitu dofollow dan nofollow.

Untuk lebih detailnya Kamu bisa baca cara mendapatkan backlink berkualitas.

Kesimpulan

SEO merupakan suatu teknik optimasi agar situs tampil di halaman pertama dan mendapatkan peringkat atas. Tetapi, akan berdampak buruk apabila Kamu melakukannya secara berlebihan.

Sekian artikel mengenai Memahami Apa itu SEO dan Cara Kerjanya, apabila bermanfaat silahkan merekomendasikan artikel ini ke teman – teman Kamu dan bookmark untuk dijadikan referensi jika suatu saat dibutuhkan.

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Rahmat Abdul Azis

CEO Web2Dev Indonesia

Tinggalkan Komentar